Pentingnya Pendidikan Anak SD Dalam Keluarga Sejak Dini

0
67
Pentingnya Pendidikan Anak SD Dalam Keluarga Sejak Dini

Pendidikan Anak SD Dalam Keluarga Sejak Dini

Pendidikan bagi anak seharusnya tidak hanya diperoleh di sekolah tetapi justru harus dimulai sejak dini di dalam keluarga. Pendidikan anak SD awal bagi anak-anak harusnya dimulai di dalam keluarga masing-masing di mana peran orang tua sangatlah diperlukan. Sekolah SD akan melengkapi pendidikan moral dan mengembangkan pendidikan bersosialisasi yang orang tua telah ajarkan sejak awal di dalam keluarga. Sekolah lebih mengarah pada pendidikan SD di bidang akademis. Oleh karena itu, orang tua perlu memahami pentingnya melakukan pendidikan anak sd dalam keluarga sejak dini.

Pentingnya melakukan  pendidikan anak SD dalam Keluarga Sejak dini

Wyeth Nutrition sangat mengerti betapa pentingnya peran orang tua dalam memberikan pendidikan awal pada anak. Oleh karena itu, mereka membuat suatu program “Parenting Club”. Klub ini berisikan para orang tua yang ingin belajar cara mencari tahu minat dan menstimulasi kepintaran anak. Perlu diketahui bahwa penting bagi orang tua bersikap peka terhadap kebutuhan anak agar pendidikan anak SD berjalan dengan sukses. Orang tua juga dituntut untuk mengenali dan memahami tanda-tanda khusus anak agar dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan sang anak. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka, orang tua sudah lebih maju selangkah ke tahap selanjutnya yaitu mengembangkan potensi yang anak miliki.

Pendidikan anak SD dalam keluarga lebih mengarah pada pembentukan karakter dan budi pekerti. Selain itu juga melatih keterampilan mereka dan mengajarkan mereka bagaimana cara hidup bersosialisasi, seperti sikap tolong-menolong, mengajarkan mereka pentingnya menjaga kebersihan rumah dan menjaga kesehatan, serta menjaga ketentraman keluarga. Sebagai orang tua, penting untuk menanamkan sikap dan nilai-nilai hidup sejak dini. Jangan sampai ketika anak sudah beranjak menjadi remaja, mereka baru mulai diajarkan nilai-nilai moral. Pengaruh pergaulan mereka akan lebih memengaruhi sikap dan perilaku mereka sehari-hari. Oleh karena itu, bekali anak Anda dengan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai keagamaan, dan juga nilai-nilai keyakinan / kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Semuanya itu haruslah dimulai dari dalam keluarga sejak dini. Mereka mungkin bisa mendapatkannya di sekolah SD tapi tidak akan seintensif saat mereka diajarkan di dalam keluarga sendiri. Demikian artikel mengenai pentingnya bagi orang tua untuk melakukan pendidikan anak SD dalam keluarga sejak dini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here