Setiap orang yang akan masuk ke jenjang pendidikan tinggi atau perkuliahan pasti merasa bingung untuk memilih jurusan. Pasalnya, jurusan ini nanti akan sangat berpengaruh pada masa depan dan kesuksesan setelah lulusan. Selain passion, hal terpenting saat memilih jurusan kuliah adalah melihat prospek kerja lulusannya. Jurusan yang memiliki prospek kerja tinggi tentu saja lebih baik untuk Anda masuki. Salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja tinggi adalah jurusan teknik informatika.

Teknik informatika sendiri merupakan jurusan di rumpun saintek sehingga sangat berhubungan dengan logika, penalaran, dan matematika. Meski demikian jurusan ini selalu memiliki peminat yang sangat tinggi setiap tahunnya. Hal tersebut lantaran peluang kerja yang menjanjikan, seperti:

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Programmer

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa programmer menjadi salah satu peluang kerja bagi lulusan teknik informatika. Programmer sendiri memiliki keahlian yang cukup luas sehingga bisa mengerjakan berbagai jenis projek. Apabila sudah berpengalaman maka karir akan meningkat hingga bisa menjadi manajer.

Software Engineer

Peluang kerja lulusan jurusan teknik informatika selanjutnya adalah software engineer. Tugas dari profesi ini tidak terlalu berbeda dengan programmer. Oleh sebab itu, Anda yang ingin menjadi software engineering juga perlu memiliki kemampuan programming yang handal. Gaji yang bisa diperoleh software engineer yaitu mulai dari Rp 8 juta untuk pemula.

Software Developer

Sesuai namanya, tugas dari seorang software developer adalah membuat perangkat lunak mulai tahap perancangan hingga implementasi. Mereka harus membuat software yang memiliki fungsionalitas baik namun tetap user friendly. Pada umumnya, software developer ini dibagi menjadi tiga yaitu front end developer, UI/UX developer, dan back end developer.

Network Administrator

Network administrator memiliki job desc untuk menjaga kontinuitas sebuah jaringan sistem. Mereka akan melakukan konfigurasi, pemeliharaan, serta monitoring agar jaringan berjalan dengan baik. Anda yang hobi berhubungan dengan jaringan cocok untuk menjadi seorang network administrator.

IT Consultant

IT consultant menjadi salah satu profesi idaman para lulusan teknik informatika. Mereka yang bekerja sebagai IT consultant bertugas memberikan ide pada klien mengenai sistem informasi yang mampu membantu peningkatan bisnis. Mungkin terlihat cukup mudah untuk dilakukan namun sebenarnya dibutuhkan pengalaman yang banyak agar bisa memberikan saran yang membantu peningkatan bisnis.

Web Designer

Web designer menjadi salah satu karir awal di dunia IT yang bisa Anda pilih selain programmer. Tugasnya yaitu merancang tampilan website agar efektif, efisien, serta user friendly. Biasanya web designer ini juga bisa merangkap menjadi seorang web programmer sekaligus sehingga sering disebut dengan web developer.

System Analyst

System analyst memiliki tugas penting untuk menganalisis sistem perusahaan agar sesuai kebutuhan. Mereka akan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan penelitian, perencanaan, hingga pemilihan perangkat lunak. Biasanya system analyst ini akan bekerja secara berdampingan dengan seorang programmer.

Itulah berbagai peluang kerja jurusan teknik informatika yang sangat menjanjikan. Apalagi di zaman sekarang tenaga IT merupakan kebutuhan penting perusahaan sehingga peluang kerja semakin terbuka. Namun peluang kerja yang tinggi tersebut juga berjalan seiringan dengan persaingan di dunia IT. Anda harus siap menghadapi persaingan dengan memilih kuliah di perguruan tinggi yang tepat.

STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College menjadi institusi perguruan tinggi yang tepat untuk Anda yang ingin terjun di dunia IT. Institusi perguruan tinggi ini memiliki pengajar yang berpengalam sehingga bisa membantu Anda lebih siap menghadapi persaingan. Selain itu, real world assignment yang diterapkan dalam pemberian tugas juga membuat Anda lebih siap dengan tugas riil di dunia kerja. Tertarik untuk kuliah di IDS Digital College? Simak informasi selengkapnya melalui ids.co.id.

Kategori: Pendidikan