Kemajuan zaman yang terjadi saat ini salah satunya ditandai dengan kemajuan teknologi. Sekarang semua hal pasti berhubungan dengan teknologi, mulai dari belanja online, pembelajaran online, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi para lulusan Teknik Informatika karena peluang kerja yang semakin besar.

Teknik Informatika sendiri merupakan salah satu jurusan di bidang ilmu komputer yang tentu saja berhubungan dengan teknologi. Sebenarnya ada banyak sekali prospek kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Informatika. Namun berikut ini adalah beberapa prospek kerja Teknik Informatika dengan gaji besar:

Database Administrator

Database administrator memiliki tugas untuk mendesain, memelihara, hingga memperbaiki database dari sebuah perusahaan atau organisasi. Mereka yang ingin menjadi database administrator harus memahami prinsip desain database dan menguasai data manipulation.

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Tidak semua pekerja IT akan selalu berhadapan dengan komputer karena database administrator ini memiliki kesempatan lebih banyak untuk bekerja dengan banyak proyek dan banyak orang. Gaji global dari seorang database administrator yaitu sebesar 77.080 dollar per tahunnya.

Software Developer

Sesuai namanya, seorang yang bekerja sebagai software developer memiliki tanggung jawab untuk melakukan riset, desain, implementasi, hingga pengujian sistem maupun software yang telah selesai dibuat. Perkembangan teknologi saat ini membuat pekerjaan sebagai software development semakin dibutuhkan. Gaji global yang didapatkan yaitu berkisar di angka 92.660 dollar per tahunnya.

Hardware Engineer

Tugas seorang hardware engineer yaitu mendesain tata letak perangkat keras komputer serta mengkonfigurasikannya hingga berjalan lebih efisien. Anda yang bekerja sebagai software engineer memiliki kesempatan untuk bekerja dengan teknologi canggih dan terbaru. Meskipun banyak yang bilang pekerjaan ini cukup monoton namun gajinya sangat menggiurkan yaitu sekitar 100.920 dollar dalam setahun.

Information Security Analyst

Tugas dari profesi ini yaitu mengembangkan sistem keamanan agar jaringan dan sistem perusahaan selalu aman. Karena kejahatan cyber semakin berkembang, maka Anda yang bekerja sebagai information security analyst dituntut untuk selalu up to date. Untuk gaji yang bisa Anda dapatkan yaitu sekitar 86.170 dollar per tahun.

System Manager

System manager merupakan prospek kerja Teknik Informatika dengan gaji besar selanjutnya yang bisa Anda pilih. Mereka memiliki tugas yang sangat penting yaitu merencanakan, mengkoordinasi, dan juga mengarahkan jenis teknologi yang mungkin bisa dipakai berdasarkan kebutuhan perusahan. Gaji besar yang didapatkan system manager yaitu 120.950 dollar per tahunnya.

Network Architect

Anda yang bekerja sebagai network architect memiliki tugas yaitu melakukan desain, implementasi, dan juga menguji jaringan. Karena penggunaan jaringan yang semakin meningkat maka prospek pekerjaan ini juga semakin menjanjikan. Sedangkan untuk gaji global yang bisa didapatkan yaitu sekitar 91.000 dollar per tahun.

System Analyst

System analyst bisa dikatakan sebagai penengah antara tim IT dan juga orang bisnis. Mereka memiliki tugas untuk mendefinisikan kebutuhan pengguna dan menyusun solusi agar produktivitas maupun efisiensi meningkat. Mereka yang bekerja sebagai system analyst bisa mendapatkan gaji global sebesar 76.680 per tahun.

Itulah 7 prospek kerja Teknik Informatika dengan gaji besar. Namun sebenarnya semua tergantung skill dan kemampuan Anda. Apabila Anda memiliki skill yang baik maka gaji besar pasti akan diberikan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, Anda harus memilih perguruan tinggi terbaik jika ingin mendapatkan banyak ilmu.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana atau yang lebih dikenal dengan IDS Digital College merupakan pilihan terbaik. Seluruh proses pembelajaran, mulai dari kurikulum yang diterapkan hingga sistem pembelajarannya mendukung Anda untuk meningkatkan skill dengan maksimal. Dengan pendekatan Real World Project, IDS Digital College membawa mahasiswanya untuk mampu menghadapi tantangan karir, pertumbuhan teknologi, maupun tantangan bisnis.

Kategori: Pendidikan