Menulis adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, ini adalah keterampilan yang sulit untuk dipelajari dan dikuasai. Dengan memulai dengan beberapa kegiatan sederhana, Anda dapat membantu anak-anak mulai mengembangkan keterampilan mengajari anak belajar menulis sejak usia dini. 

Mengajari Anak Belajar Menulis adalah proses yang dimulai jauh sebelum anak-anak mulai di sekolah dan sangat terkait dengan membaca. Jika anak-anak mengalami kesulitan membaca, ini kemungkinan akan mempengaruhi kemampuan mereka untuk belajar menulis juga. 

mengajari anak belajar menulis
Mengajari anak belajar menulis

Menulis sama banyak tentang postur dan menulis di kertas. Agar seorang anak dapat duduk dengan nyaman dan memegang pensil, mereka harus memiliki kekuatan inti yang cukup dan juga kekuatan otot lengan yang cukup.

Langkah pertama untuk mengajar anak-anak menulis dimulai dengan gerakan lengan besar, yang  paling baik dikembangkan dalam permainan. Memungkinkan gerakan bebas, berada di ruang besar, memungkinkan mereka untuk mengambil risiko dan bergerak dalam berbagai cara. 

Keterampilan motorik dasar adalah kemampuan untuk memegang pensil di jari untuk mewarnai dan ‘mencoret-coret’ (menggambar bentuk atau gambar tanpa perencanaan atau dukungan).

Kemampuan manuver gunting dan kertas untuk memotong objek, dan koordinasi mata tangan untuk dapat melacak garis bentuk dasar dan pola pada halaman.

Untuk seorang anak yang memegang pensil dengan pegangan pensil yang benar, mereka akan membutuhkan keterampilan motorik halus yang baik. Memungkinkan penulisan menjadi lebih efisien dan tidak membuat frustasi anak.

Keterampilan motorik halus adalah  koordinasi otot-otot kecil yang memberi kita kemampuan untuk melakukan gerakan menggunakan otot-otot kecil di tangan dan pergelangan tangan kita. Keterampilan  ini paling baik dikembangkan melalui bermain dengan benda.

Keterampilan ini sering dikembangkan di rumah bahkan sebelum anak-anak sekolah. Orang tua dapat mendorong anak-anak untuk mewarnai dan ‘corat-coret’ setelah mereka menunjukkan bisa menggunakan pensil dan kertas dan dapat beralih ke pekerjaan kerajinan yang lebih dipandu dengan gunting dan lem pada usia 3-4 tahun (dengan gunting keselamatan anak dan pemantauan orang tua).

Yuk, mulai Mengajari Anak Belajar Menulis dari sekarang.

Kategori: Pendidikan