Melanjutkan pendidikan tinggi merupakan salah satu cara untuk mewujudkan cita-cita yang diinginkan. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk terus melangkah ke jenjang perkuliahan memang tidak sedikit. Namun demikian, Anda tidak perlu berkecil hati karena Anda dapat kuliah sambil bekerja.

Kiat-Kiat Sukses Kuliah Dan Bekerja

Menjalankan kuliah sekaligus bekerja memang terdengar melelahkan, oleh sebab itu Anda perlu mengetahui beberapa kiat yang dapat membantu Anda agar tetap fokus kuliah dan bekerja.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

(source:https://www.enervon.co.id/uploads/article/2020/01/15/1f35c3691de3.jpg)

Mengatur Prioritas

Agar antara bekerja dan kuliah dapat berjalan dengan baik maka Anda harus membuat prioritas mana yang lebih penting. Jika Anda bekerja mengikuti jam kantor solusinya adalah dengan memilih kelas karyawan. Dengan demikian Anda dapat fokus kuliah dihari sabtu dan minggu.

Namun, jika Anda berkuliah di kampus negeri atau kampus dengan jam regular maka sebaiknya Anda mencari pekerjaan yang jamnya di luar kegiatan kuliah Anda. Anda dapat memilih pekerjaan dengan jam kerja mulai dari sore hingga malam hari.

Mengatur Waktu

Ketika Anda sudah menjalankan kedua hal tersebut bersamaan maka Anda harus pandai mengatur waktu. Hal ini untuk menghindari jadwal kuliah yang bentrok dengan jadwal kerja. Agar tugas-tugas kuliah tidak terbengkalai maka Anda pun harus segera menyelesaikannya sehingga tidak mengganggu waktu kerja Anda. sebaliknya, agar kuliah Anda tidak terganggu maka Anda juga harus menyelesaikan tugas pekerjaan Anda tepat waktu.

Menjaga Performa Dalam Bekerja

Capek adalah resiko yang akan Anda hadapi ketika memilih kuliah sambil kerja. Namun semua dapat diatasi jika Anda adalah orang yang terstruktur dalam melakukan segala hal. Anda tetap harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan Anda dengan cara menjaga performa Anda selama di kantor.

Tetap Pertahankan Nilai Kuliah

Anda tentu tidak ingin mengulang kembali mata kuliah tidak lulus karena membuang-buang waktu serta biaya. Oleh sebab itu, Agar nilai Anda tetap baik maka Anda tidak boleh meninggalkan ujian dan harus menyelesaikan semua tugas tepat waktu. Jika Anda mengalami masalah dalam perkuliahan karena sering bolos dan tidak mengumpulkan tugas, hal ini juga akan mempengaruhi performa kerja Anda.

Atur Waktu Istirahat

Istirahat sangat penting agar Anda tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas dengan nyaman. Dengan mempunyai waktu untuk beristirahat, Anda dapat terhindar dari stress akibat terlalu lelah kuliah dan bekerja. Anda memanfaatkan jadwal cuti untuk beristirahat jika Anda memang sangat membutuhkannya. Sehingga, Anda dapat kembali bekerja dengan kondisi yang lebih baik dan pikiran pun jadi lebih segar.

Kuliah IT

Bagi Anda yang memiliki minat tinggi dalam bidang informatika dan komputer, rekomendasi kampus yang bisa Anda pilih adalah Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS digital College). Jenjang pendidikan yang ditawarkan yaitu strata 1 (S1).

Mahasiswa yang belajar di kampus ini sengaja disiapkan untuk mampu menaklukkan jenjang karir, pertumbuhan teknologi dan bisnis. Sehingga, kampus akan mengajar para mahasiswanya dengan menggunakanan pendekatan real world.

Persaingan kerja di zaman yang semakin canggih ini sangat ketat, sehingga IDS melakukan pengembanyan sumber daya manusia yang terdiri dari tiga area. Pengembangan tersebut diantaranya mahasiswa akan ditempat di korporasi IDS college dan rekan-rekan startups-nya. Agar dapat memenuhi kualifikasi dalam bekerja kampus juga membekali mahasiswa dengan pelatihan formal dan nonformal serta bimbingan karir. 

Dengan diberikannya ketiga pengembangan sumber daya manusia tersebut maka para mahasiswa akan siap dalam bersaing dan memenuhi tuntutan dunia kerja.

Kategori: Pendidikan