Mainan bagi anak bukan hanya sekadar barang yang membuat mereka senang. Sambil bermain ada nilai-nilai yang mereka pahami. Itu sebabnya, mainan anak edukatif harus menjadi pilihan Anda ketika membelikan nya.

Mainan anak edukatif adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan menyenangkan. Satu cara mengoptimalkan tumbuh kembang disamping melalui makanan, seperti yang disediakan oleh Nestle.

Dengan mainan anak edukatif ini, secara tidak sadar dan tidak langsung anak dapat mengeksplor dirinya sendiri. 

mainan anak edukatif
mainan anak edukatif

source: https://mamapapa.id/wp-content/uploads/2018/04/lego.jpeg

Oleh karena itu, Anda tidak boleh asal pilih! Mainan tersebut diusahakan sesuai dengan kriteria berikut.

  1. Mainan sesuai usia anak dan disesuaikan dengan periode tumbuh kembang anak. Misalnya, Anda tidak mungkin memberikan mainan puzzle kepada bayi berusia 10 bulan dengan harapan kecerdasannnya meningkat.
  2. Mainan kualitasnya bagus, tidak mudah pecah dan retak. Mainan yang kualitasnya demikian tidak aman unuk anak. Pecahannya dapat melukai dan bagian kecilnya mungkin termakan.
  3. Mainan dengan bahan aman alias tidak beracun. Ini harus diperhatikan karena beberapa bayi dan anak senang memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya.
  4. Mainan bentuknya besar karena anak balita serba ingin tahu. Ada kemungkinan mainan dimasukkan ke dalam mulut, lubang telinga, atau hidung. Ini sangat berbahaya.
  5. Mainan tidak perlu berteknologi tinggi dan mahal yang penting mutifungsi, seperti bola. Mainan ini umum dan hampir tidak tergantikan. Semua anak-anak suka.

Bermain bola dengan teman meningkatkan kecerdasan emosi dan sosial anak. Sementara dari segi perkembangan fisik, main bola meningkatkan koordinasi otot tangan, kaki, dan otak secara bersamaan.

  1. Mainan sesuai dengan minat anak. Ada anak perempuan yang suka dengan boneka tetapia da pula yang tidak suka. Mereka mungkin lebih suka membuat bangun dari balok, bahkan bermain mobilan.
  2. Mainan yang mengasah kreativitas dan imajinasi. Mainan yang bukan hanya dilihat karena bergerak, misalnya.

Itulah 8 tips memilih mainan bermanfaat anak. Mainan yang berfungsi meningkatkan tumbuh kembang anak; selain makanan bergizi dari Nestle, lingkungan yang terarah, stimulasi, dan lain-lain.

Kategori: Pendidikan