Mempunyai tekad yang bulat menjadi kunci utama ketika hendak memulai suatu hal. Begitu juga apabila Anda ditawarkan pada prospek kerja teknik informatika sebagai programmer. Pertama, tanyakan ke diri sendiri apakah terjun ke dunia programming merupakan bagian dari skill atau hanya ikutan trend. 

Perlu diketahui bahwa di era yang serba digital ini banyak sekali perusahaan yang berani menawarkan gaji tinggi untuk seorang programmer handal. Maka tidak heran apabila banyak lulusan dari Teknik Informatika yang menginginkan pekerjaan ini. 

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Untuk menekuni dunia programming tidak semudah yang dibayangkan. Namun di IDS Digital College, Anda bisa mendapatkan kurikulum yang sudah bertaraf internasional yang siap untuk membimbing para mahasiswa menjadi seorang profesional IT dalam persaingan global. Didukung oleh profesional / pelaku industri, metode penugasan yang mendekati praktik kerja riil merupakan metode untuk mempersiapkan lulusan IT yang relevan.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang programmer handal, di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips jitunya!

1. Menguasai Lebih dari 1 Bahasa Pemrograman

Untuk menjadi seorang programmer handal ada 2 cara yaitu menguasai 1 bahasa atau banyak bahasa pemrograman. Jika Anda hanya ingin fokus mempelajari 1 bahasa pemrograman saja maka kuasailah ilmu tersebut dan jadilah yang terbaik di bahasa tersebut. 

Namun, melihat kondisi saat ini dimana perkembangan teknologi semakin cepat dan terus berubah maka ada sebaiknya untuk mempelajari banyak bahasa pemrograman sehingga nanti Anda bisa menguasai segala jenis teknologi yang ada. Selain itu Anda juga akan bisa lebih paham tentang perbedaan dari setiap bahasa pemrograman yang Anda pelajari. Namun, kemungkinan Anda tetap hanya bisa menguasai 1 bahasa saja dan yang lainnya dijadikan sebagai bahan pembelajaran. 

2. Teruslah Belajar dan Berlatih Dari Kesalahan

Cara untuk menjadi seorang programmer yang baik agar mendapatkan prospek kerja Teknik Informatika adalah dengan banyak belajar dan membaca baik dari buku yang ditulis oleh orang berpengalaman atau dari sumber website yang valid. Cara ini bisa menambah wawasan Anda dalam dunia programming. 

Belajar programming tanpa berlatih tentu tidak akan sempurna. Maka sembari belajar, Anda juga harus menyeimbanginya dengan banyak berlatih. Berlatihlah menulis kode dari bahasa pemograman yang dikuasai lalu analisa kode itu dan temukan kesalahannya. 

Semakin sering menemukan kesalahan maka akan mudah bagi Anda untuk menyadari sebuah kesalahan kedepannya. Jadi tidak akan lagi kesalahan dalam penulisan kode pogram. 

3. Melakukan Unit Test

Dalam belajar pemograman, Anda diharuskan untuk melakukan unit test. Apa itu unit test? Merupakan pengecekan terhadap suatu unit program apakah sudah bisa layak untuk digunakan atau belum. Programmer yang melakukan unit test ini harus bisa memastikan bahwa kode dari bahasa pemograman yang dibuat tersebut sudah sesuai dengan desain dan komponen lainnya yang diinginkan. Tujuan melakukan unit test adalah untuk memastikan dan menunjukkan bahwa setiap unit pada program tersebut sudah benar. 

4. Aktif di Sosial Media

Adanya teknologi membuat kita mudah dalam belajar bahasa pemograman. Kini belajar tidak selalu harus di kelas karena bantuan teknologi inilah Anda bisa mengakses segala sumber informasi secara mudah dan cepat hanya bermodalkan internet. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk gabung di beberapa group yang membahas tentang apa yang sedang anda pelajari saat ini. 

Kategori: Pendidikan