Memiliki ketertarikan di dunia gambar? Ingin melanjutkan minat dan hobi pada jenjang yang lebih formal? Universitas jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) bisa menjadi pilihan kamu. Tidak sedikit yang mengira jurusan DKV sama dengan jurusan desain grafis. Namun itu tidak benar, DKV dan desain grafis memiliki perbedaan yang cukup banyak. Sebelum mengambil keputusan dan menyesal di kemudian hari, sebaiknya simak informasi berikut!

Apa Jurusan Menggambar yang Tepat?

Jika kamu benar-benar tertarik dengan gambar, desain, dan multimedia. Tentu saja jurusan DKV lebih tepat dipilih dibandingkan dengan jurusan ilkom/IT atau jurusan desain lainnya. Jurusan ini tidak sepopuler jurusan desain grafis dan jurusan ilkom/IT. Namun, jurusan ini akan banyak mengasah sisi kreatif dalam diri kamu.

Apasih Desain Komunikasi Visual itu?

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang ilmu desain yang menggabungkan antara konsep komuniasi, kreatif, teknik, dan media. Ilmu ini akan memanfaatkan elemen-elemen visual atau rupa untuk menyampaikan sebuah pesan dengan tujuan tertentu. Bisa bertujuan memberikan informasi ataupun tujuan persuasi.

Jurusan DKV tidak hanya mempelajari tentang ilmu desain saja, melainkan juga mempelajari ilmu psikologi, seni rupa, dan komunikasi. Dengan kata lain, ilmu ini gabungan dari beberapa ilmu dengan ilmu desain sebagai dasarnya.

Universitas jurusan DKV
Universitas jurusan DKV

Apakah yang didapatkan di Jurusan Desain Komunikasi Visual?

Jurusan Desan Komunikasi Visual akan memberikan dasar-dasar ilmu desain seperti tipografi, menggambar, ilustrasi, fotografi, sejarah desain, dan lain sebagainya. Di jurusan ini pula, kamu akan mendapatkan pelajaran selain ilmu desain, diantaranya yaitu bahasa rupa, ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, dan lain sebagainya.

Ada tiga pembidangan dalam jurusan ini, diantaranya; komunikasi multimedia, visual periklanan, dan komunikasi grafis. Dimana, pada bidang komunikasi grafis mempelajari tentang grafis portofolio, grafis tingkat lanjut, perspektif desain grafis, dan lain sebagainya. Sementara itu, pada bidang visual periklanan akan mendapatkan pelajaran mengenai tata kelola bisnis periklanan, komunikasi visual periklanan tingkat lanjut, visual branding, dan lain sebagainya. Dan, pada bidang komunikasi multimedia, kamu bisa mempejari tentang videografi, media interaktif, komunikasi visual multimedia tingkat lanjut, dan sebagainya.

Selain itu, adapaun mata kuliah lain yang dipelajari di jurusan DKV ini yang tergantung kebutuhan penelitian tugas ahir atau minat dari mahasiswa itu sendiri. Diantaranya, psikologi persepsi, psikologi sosial, grafis eskperimental, game desain, dan lain sebagainya.

Hanya dengan mengambil jurusan DKV, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dari ilmu di desain grafis hingga komunikasi.

Kenapa Harus Memilih Desain Komunikasi Visual?

Di zaman modern, serba teknologi dan sosial media ini. Tentunya untuk lulusan DKV akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Hal ini karena banyak sekali perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang membutuhkan orang dengan keahlian desain komunikasi visual.

Kamu bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan game, biro periklanan, stasiun televisi, percetakan dan penerbitan, production house, biro konsultasi desain, Selain itu, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai ladang wirausaha atau bekerja sebagai freelance sebagai desainer komunikasi visual. Bahkan bisa juga, membuat situs youtube atau blog yang membahas mengenai desain. 

Banyak sekali bukan prospek kerja yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di universitas jurusan DKV. Yakin, masih ragu? Semoga sukses.

Kategori: Pendidikan