Di zaman yang serba online seperti ini, seberapa sering kita membaca artikel online? Mungkin bisa 2 atau 3 kali lebih dalam sehari. Dan ketika Anda mencari di Google search, apakah Anda akan coba mengklik artikel yang ada di halaman pencarian teratas? Sebagian besar akan menjawab ya.

Untuk mendapatkan posisi teratas pada search engine, tidak hanya sekedar menulis dan langsung bisa muncul di top searching. Dalam dunia marketing, ada yang dinamakan SEO (Search Engine Optimizer) dan apa pentingnya SEO dalam belajar online marketing

Pengertian SEO 

SEO adalah cara mengoptimalkan konten Anda agar bisa masuk di jajaran teratas pencarian yang tidak ketinggalan menggunakan keywords di dalamnya.  Jadi, konten adalah hal yang krusial dalam SEO dan sebelum membuat konten, Anda harus meriset keywords atau kata kunci terlebih dahulu. Saat meriset kata kunci, tool yang paling umum adalah Google trends, Anda akan menemukan banyak topik ter-update yang bisa dijadikan bahan.

Ada dua bagian SEO yang bisa Anda pilih dan terapkan di situs Anda, black hat atau white hat.

Beberapa orang suka dengan hal-hal praktis dan cepat. Jika Anda menyukai hal semacam ini, black hat SEO sangat cocok untuk diterapkan. Anda mungkin akan mendapat pengguna atau pengunjung baru lebih cepat dan menjadi peringkat teratas. Akan tetapi hal ini juga bisa membuat situs Anda masuk ke dalam spam bahkan di-banned. Alhasil akan sulit untuk mengembangkan produk lebih jauh di masa depan. 

Sedangkan white hat lebih berfokus pada kenyamanan pengguna. Konten yang berdasarkan SEO dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan keinginan pengguna atau pengunjung. Karena bertahap, bisnis online Anda juga akan bisa berkembang dengan baik karena berdasarkan pada konten, link, dan referensi yang relevan. Selain itu, dalam white hat, tata bahasa juga diperhatikan sehingga pengguna atau pengunjung akan merasa nyaman dengan artikel yang disuguhkan.

Memahami Kompetitor Sebagai Bagian Dari SEO 

Dalam menjalankan sebuah bisnis berbasis online, ada hal lain yang harus Anda ingat selain belajar online marketing, yaitu kompetitor. Ingatlah kompetitor akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan high rank, oleh karena itu, Anda harus memilih dengan bijak SEO apa yang cocok dengan bisnis Anda dan bisa selangkah lebih maju didepan competitor Anda.

Demikianlah artikel singkat mengenai belajar online marketing dengan menggunakan strategi SEO. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Kategori: Pendidikan