Kuliah DKV atau desain komunikasi visual termasuk jurusan baru dalam dunia pendidikan. Beberapa perguruan tinggi sudah mulai mengadakan jurusan ini di kampusnya.Salah satu kampus terbaik yang mempunyai jurusan ini adalah IDS, International Design School.

Sebuah sekolah tinggi yang terletak di Selatan Jakarta. Uniknya, tidak seperti yang lain IDS memberi kemudahan bagi calon mahasiswa nya yang ingin belajar, pendaftaran dan transaksi lain bisa secara online.

Buat kamu yang baru lulus SMA atau orang tua mungkin berpikir, apa sih kuliah DKV?

Desain komunikasi visual adalah sebuah pendidikan yang memadukan seni desain tradisional dengan teknologi digital yang semakin berkembang. Kuliah ini juga sudah memiliki berbagai program studi, yang tentunya berbeda sebutan di berbagai perguruan tinggi, antara lain:

1. Desain Komunikasi Grafis

Komunikasi grafis, sebuah program studi yang menggabungkan antara tehknik komunikasi, topografi, ilustrasi, dan fotografi.Lulus dari sini kamu bisa terampil membuat logo, bekerja di penerbitan majalah atau surat kabar sebagai desain atau layouter, kemasan produk, paket promosi produk, dan sebagainya. Hmm… Berarti kamu bisa diterima bekerja di banyak tempat lho!

2. Visual Periklanan

Sesuai dengan namanya, program studi yang satu ini bertujuan membuat iklan. Semua yang dibuatnya bertujuan persuasi, mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu yang digambarkan.Visual periklanan dapat dibuat berbagai hal dengan teknologi terbaru, desain iklan media cetak dan internet. Di Youtube saja ada iklan bukan?

3. Desain Komunikasi Multimedia

Program yang satu ini mempunyai jangkauan paling luas. Desain komunikasi multimedia mempelajari cara membuat desain yang berbasis waktu dan suara (audio). Termasuk dalam kelompok pelajaran ini adalah animasi, desain website, media interaktif, dan penyutradaraan film.

Terbayang bukan mau apa setelah kuliah DKV?

Nah, daripada bingung, langsung saja daftar di IDS. Kuliah di sini tidak cuma teori lho! Kamu dapat praktek langsung. Jurusan DKV menyiapkan kamu untuk bekerja di industri visual komunikasi. Bahkan, bagi kamu yang ingin banget kuliah di luar negeri, akan mudah. IDS bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan di Australia.

Selain itu, IDS sering mendatangkan pakar di berbagai bidang komunikasi visual. Tidak percaya? Kamu bisa lihat websitenya!

Jadi, selagi seat belum penuh segera daftar ya!

Kategori: Pendidikan