Pada dasarnya, siapa pun yang mengikuti kuliah desain grafis bertujuan untuk memperoleh kemampuan atau kompetensi dalam hal desain grafis, yang nantinya bisa digunakan sebagai modal untuk bekerja di industri kreatif. Sehingga dengan demikian, hal – hal yang dipelajari selama mengikuti perkuliahan desain grafis tentunya adalah hal – hal yang berkaitan langsung dengan masalah desain grafis. Perlu digaris bawahi, bahwa seseorang yang bisa menjadi desainer grafis yang mumpuni tidak hanya cukup mengikuti pendidikan di bangku kuliah saja.

Namun lebih daripada itu, desainer grafis harus memiliki daya seni dan tingkat kreatifitas di atas rata – rata. Akan percuma seseorang yang memiliki kemampuan teknik desain grafis namun daya seni dan tingkat kreatifitasnya sama apalagi di bawah rata – rata. Selain itu seorang desainer grafis harus mempunyai pengetahuan komunikasi publik yang cukup agar apa yang akan disampaikan kepada target tertentu akan diterima, dimengerti dan mengundang respon positif dari si penerima pesan.

Beberapa kategori keterampilan desain grafis yang dipelajari selama mengikuti kuliah desain grafis diantaranya printing, web desain, movie dan multimedia, identitas produk, serta desain produk. Printing (percetakan) mempelajari tentang bagaimana cara – cara membuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.  Web Desain dipelajari agar seorang calon desainer grafis memiliki kemampuan dalam desain grafis untuk halaman web.

Movie & multimedia, disini mahasiswa diberikan materi – materi tentang teknik – teknik  pembuatan video, animasi dan special effect. Identitas produk (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) merupakan desain  professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan Lansdcape untuk produk – produk yang akan di perkenalkan kepada masyarakat. Terakhir adalah desain produk, dalam desain produk calon desainer grafis akan dapat membuat desain produk serta packaging yang menarik sehingga  masyarakat menaruh perhatian lebih pada produk tersebut.

IDS | International Design School adalah salah satu lembaga pendidikan di bidang desain komunikasi visual atau desain grafis. Berdiri sejak 1999 (dulu bernama Digital Studio College), Sekolah Desain Grafis IDS telah melahirkan ratusan alumni yang berkarya di industri kreatif. Dengan alasan tersebut, maka IDS sangatlah tepat dijadikan sebagai rujukan untuk melakukan kuliah desain grafis yang tepat dan berkualitas.

Kategori: Pendidikan