Pola asuh anak yang dilakukan orang tua memang ada beberapa yang mungkin saja saat ini belum dipahami atau belum diketahui oleh orang tua sendiri meskipun terkadang orang tua sudah melakukan yang namanya pengasuhan tersebut. Nah untuk Anda yang belum mengetahui mengenai pola asuh anak sebenarnya ada beberapa pola asuh yang biasa dilakukan oleh orang tua,

pola asuh anak

diantaranya yaitu:

  • Pola asuh otoriter

Pola asuh ini yaitu dengan menerapkan aturan-aturan di dalam keluarga yang dibuatnya secara sepihak tanpa kompromi termasuk kepada Anda. Aturan ini  dibuat biasanya lebih ketat dan kemudian cenderung sepihak. Dalam hal ini orang tua pun akan cenderung memiliki banyak tuntutan kepada anak dan kemudian anakpun juga harus patuh kepada orang tua. Hal yang menjadikan orang tua tersebut harus bersikap otoriter yaitu anggapan orang tua yang memang harus bertanggung jawab secara penuh terhadap perilaku dari anak. Kemudian selain itu pula orang tua juga menganggap kalau dengan memaksakan nilai, maka perilaku anak akan mampu untuk mengubah anak. Kelemahan dari orang tua yang otoriter yaitu disini akan dapat mematikan potensi yang dimiliki oleh anak.

  • Pola asuh Permisif

Pola asuh permisif yaitu merupakan pola asuh yang dimana orang tua disini tidak mau untuk terlibat dan juga tidak mau pusing untuk memikirkan kehidupan anak. Sehingga untuk orang tua yang permisif ini akan dapat  memberikan kebebasan yang penuh kepada anak tanpa Anda memberikan pengontrolan secara baik.

  • Pola asuh otoritatif

Orang tua otoritatif yaitu merupakan orang tua yang memberikan kebebasan kepada anak ataupun orang tua yang tetap memberikan bimbingan dan pengarahan kepada anaknya. Orang tua yang otoritatif ini akan lebih memberikan pengertian serta arahan terhadap apa yang dilakukan oleh anak.

Nah untuk para orang tua tentunya harus paham mengenai beberapa pola asuh anak tersebut. Semoga informasi yang saya sampaikan tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda semuanya yang membutuhkan. Terimakasih.