Pendidikan memang diakui sebagai salah satu bekal dalam menjalani kehidupan, menaikkan taraf hidup. Sayangnya, tidak semua orang di Indonesia dapat menikmati pendidikan yang berkualitas. Keterbatasan biaya, jarak sekolah yang jauh, dan fasilitas sekolah yang tidak memadai nyatanya masih menjadi hambatan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

Salah satu misi dari berdirinya Tanoto Foundation adalah memberikan bantuan di bidang pendidikan. Program beasiswa Tanoto Foundation tidak hanya membantu mahasiswa, dan siswa, namun juga guru di Indonesia agar dapat pendidikan yang berkualitas. Hal ini bermula dari pengalaman Sukanto Tanoto di masa kecilnya yang merasa kesulitan mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas. Namun kini namanya tak hanya dikenal di Indonesia, namun juga di dalam dunia bisnis internasional.

 

Sebagai pengusaha sukses, Sukanto Tanoto sudah pasti berkontribusi besar bagi Indonesia. Kerajaan bisnis yang dibangunnya mampu membantu pertumbuhan ekonomi serta menyerap tenaga kerja yang banyak di Indonesia. Namun, sumbangsih keluarga Sukanto Tanoto bukan hanya itu. Lewat kegiatan Tanoto Foundation, mereka semakin berperan penting dalam membangun Indonesia.

Tanoto Foundation dimulai oleh Sukanto Tanoto dan keluarganya pada 1981. Yayasan ini berusaha untuk membantu mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Secara khusus, kegiatan Tanoto Foundation bergerak di sektor pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas manusia Indonesia.

Mulanya kegiatan Tanoto Foundation bercikal bakal di suatu TK dan SD di pedalaman Sumatera Utara, yaitu daerah Besitang, yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Medan. Kini Tanoto Foundation telah bermitra dengan lebih dari 400 sekolah di tiga provinsi di Pulau Sumatera yaitu Jambi, Sumatera Utara, dan Riau.

Kini, yayasan nirlaba ini sudah menyediakan beasiswa untuk murid dan guru, memperbaiki sekolah, serta mendistribusikan perlengkapan dan buku sekolah. Bahkan, Tanoto Foundation juga ikut menyediakan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan bantuan tanggap-cepat (rapid-response) untuk penanggulangan gempa bumi dan bencana alam lain.

Kendati demikian, Tanoto Foundation punya fokus khusus dalam kegiatannya. Mereka ingin mengembangkan kehadiran para pemimpin di negeri ini. Cara melakukannya ialah dengan rutin menyelenggarakan beragam pelatihan kepempimpinan, Salah satunya yang dilakukan di sela-sela kegiatan Tanoto Scholars Gathering 2016 di Pangkalan Kerinci, Riau pada 16 hingga 19 Agustus 2016.

Di dalam kegiatan tersebut, Tanoto Foundation membekali para penerima beasiswa Tanoto Foundation dengan menggelar pelatihan kemampuan dalam memimpin. Hal ini menjadi salah satu aspek yang ingin dikembangkan oleh Tanoto Foundation karena mereka yakin leadership yang baik bakal bermanfaat penting bagi bangsa. Keberadaan para pemimpin berkualitas dipercaya bakal bisa menjadikan Indonesia lebih baik.

Untuk memulainya, Tanoto Foundation menekankan kepemimpinan kepada diri sendiri terlebih dulu. Tidak mungkin seseorang akan menjadi pemimpin untuk lingkungannya jika tidak tidak mampu memimpin dirinya sendiri terlebih dulu. Contoh nyata sikap seorang pemimpin ialah disiplin diri dan komitmen terhadap tanggung jawab pribadi.

“Kami tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan, tapi kami ingin mendukung generasi muda Indonesia menjadi pemimpin-pemimpin yang mampu membawa Indonesia ke era yang lebih baik lagi. Salah satu caranya adalah melalui pembelajaran prinsip-prinsip yang dipegang teguh dan dilaksanakan oleh ayah saya, yaitu Bapak Sukanto Tanoto,” tegas Anderson Tanoto, Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation.

Dalam menggelar kegiatan di Tanoto Foundation tersebut, Sukanto Tanoto mau mengucurkan dana pribadi. Menurut Kompas, setidaknya dana Rp36 miliar dikeluarkan per tahun demi kegiatan sosial bersama Tanoto Foundation.

Sukanto Tanoto rela melakukannya karena pernah mengalami masa-masa susah, khususnya dalam mendapatkan pendidikan. Dia pun mendirikan Tanoto Foundation semata-mata demi membuat masyarakat dapat memperoleh pendidikan berkualitas dengan mudah. Lewat pembelajaran itulah, para pemimpin bangsa yang berkualitas bakal hadir seperti yang mereka idam-idamkan.

Kategori: Pendidikan