images (2)Dalam menghadapi situasi yang serba menuntut, pendidikan memang akan menjadi suatu investasi yang sangat berguna untuk masa depan seseorang. Dengan pendidikan lah seseorang akan mampu bersaing dengan dunia yang tentunya ditunjang dengan keahlian tertentu dari individu tersebut. Maka dari itu, pemerintah menyorot betapa pentingnya pendidikan demi kemajuan suatu bangsa. Untuk mencapai tujuan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, pemerintah tidak bisa hanya bekerja sendiri. Salah satu aspek terpenting dalam pendidikan yaitu guru. Mengapa demikian?

Guru adalah komponen penting dalam proses pembelajaran di sekolah karena guru langsung berinteraksi dengan murid di kelas. Maka dari itu, guru merupakan komponen kecil dari proses pendidikan yang mempunyai fungsi besar dalam ketercapaian tujuan pendidikan. Agar dapat mencapai tujuan itu, guru harus bisa menrencanakan proses pembelajaran di kelas dengan baik dan benar. Untuk hal itu, guru memerlukan sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di kelas.

RPP adalah satu hal penting yang seringkali diabaikan oleh guru di kelas. Padahal dengan adanya RPP pembelajaran di kelas akan lebih terarah dan ketercapaian tujuan pendidikan akan dengan mudah terlaksana. Di dalam sebuah RPP termuat tujuan pembelajaran, Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Materi per pertemuan di kelas, dan evaluasi, bahkan lembar kerja yang nantinya akan diberikan kepada murid yang mana dengan adanya RPP, seorang guru tidak akan hilang arah dan kebingungan di dalam kelas.

Sayangnya, guru saat ini hanya mengajarkan secara struktural dari apa yang ada di buku paduan, bukannya mengajar sesuai dengan tujuan dan target ketercapaian siswa di kelas. Kebanyakan guru sekarang jarang membuat RPP dan lebih cenderung mengajar berdasarkan buku. Mungkin hal ini yang sebenarnya harus dibenahi dari setiap guru. Kesalahan ini juga yang mungkin saja menjadi alasan pendidikan nasional susah mencapai tujuannya. Meskipun begitu, banyak juga guru yang merancang RPP dalam kurun waktu satu semester atau satu tahun ajaran. Hal ini layak dicontoh oleh guru lainnya dalam upaya mencapai tujuan pembelajaranya di kelas. Tetapi, idealnya seorang guru harus mempersiapkan RPP di setiap pertemuan. Hal ini dimaksudkan agar guru mampu mengevaluasi langsung materi dan proses pembelajaran sebelumnya yang dinilai kurang mencapai target dan guru bisa mengulanginya di pertemuan selanjutnya dengan catatan hanya sedikit mengulas dan melanjutkan ke materi selanjutnya.

Memang merancang RPP per pertemuan akan dirasa ribet dan susah, tetapi guru dibentuk untuk mencapai target pendidikan. Maka dari itu guru harus pintar-pintar mencari strategi dan metode yang pas untuk setiap materi agar siswa dapat mengerti dengan baik. Dengan adanya RPP ini tentu saja akan sangat membantu..

Kategori: Pendidikan