thfd

Sahabat, sejak kapan anda mampu membaca Al-Qur’an? Sudahkah anda mencoba untuk menghafalnya?  Sahabat, bila sebagian orang berpikir kegiatan menghafal itu membosankan, maka menurut saya adalah kebalikannya. Ya! Menghafal begitu menyenangkan, terutama ketika saya menghafal Al-Qur’an. Pada umumnya, di benak sebagian orang Al-Qur’an akan sangat sulit untuk dihafal, apalagi bagi orang yang tidak mempunyai kemahiran berbahasa Arab. Namun, itu semua salah besar. Di berbagai belahan dunia ini, banyak sekali anak balita yang sudah mampu menghafal Al-Qur’an sepenuhnya. Bahkan ada sebagian anak- anak itu yang bukan berasal dari Negara Timur Tengah. Bagaimana bisa seorang anak dibawah lima tahun sudah mampu menghafal Al-Qur’an? bahkan ia sendiri belum mampu membaca Al-Qur’an. Subhanalloh!! Itulah keajaiban Al-Qur’an, bahasanya yang dengan mudah dapat dilafalkan anak-anak kecil yang lidahnya masih belum fasih berbahasa lain.

Kemudahan menghafal Al-Qur’an juga dapat mendatangkan manfaat bagi para penghafalnya. Yaitu, dapat mempertajam daya ingat dan kemampuan berpikir seseorang.  Selain itu, menghafal Al-Qur’an juga mendapatkan berbagai keberkahan dari Alloh SWT, memberikan kenikmatan seorang insan Tuhan, diberikan penghargaan khusus dari Nabi SAW, ditinggikan derajatnya di syurganya Alloh, diberikan Syafaat di hari kiamat kelak, dihormati di dunia dan di khirat, mendapatkan peruntungan dalam berbagai aspek, khususnya dalam perniagaan, dimuliakan Alloh, dan  mencirikan seseorang sebagai orang yang berilmu, serta menjadi keluarga Alloh yang berada di atas muka bumi.

Rasululloh SAW, menganjurkan umatnya untuk menghafalkan Al-Qur’an di luar kepala. Guna menjauhkan hati seorang manusia dari kekosongan hati yang tanpa kitab Alloh. Seperti yang disampaikan oleh salah satu hadist berikut:

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas,

“Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Qur’an sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh.” (HR. Tirmidzi)

Selain itu, keharusan menghafal Al-Qur’an juga dianjurkan dalam Al-Qur’an:

“Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” (QS Al-Ankabuut 29:49)

Nah sahabat, mari kita memulai untuk mencintai Al-Qur’an J